• Saya Bisa Menulis Dongeng!

    Awal mula saya terjun di dunia penulisan anak adalah karena saya suka membaca. Dari membaca, lalu mengumpulkan buku-buku cerita, membayangkan isi cerita yang dibaca, berkhayal, bermain karakter

  • Legenda Dan Dongeng Anak Nusantara Tidak Boleh Mati!

    Nama Indonesia sudah makin terpuruk oleh kelakuan orang-orang yang tamak, lemah iman, sombong, dan picik! Sementara budaya adalah akar kehidupan, identitas bangsa

  • Para Pecinta Fiksi, Menulis Dongeng Yuuuk…

    Mari lestarikan dongeng anak nusantara, kalau bukan kita, siapa lagi???? Salam Dongeng anak nusantara…

  • Parade Dongeng Anak Nusantara (Paradoks) di Kompasiana

    Menindak lanjuti keprihatinan Arrayanov dalam postinganya mengenai legenda nusantara yang di temukan berada di blog seseorang (yang mengatakan bahwa legenda yang kita kenal berasal dari Nusantara tersebut

  • Yuk Ikut Parade Dongeng Anak Nusantara

    Satu kata yang ingin saya teriakan malam ini…. Amazing..!!! (pasti pada bingung ya kenapa??) Begini kawan, khusunya kawan-kawan yang senang menulis fiksi, saat ini sedang di adakan sebuah kegiatan yang di beri nama Parade Dongen Anak Nusantara

Yuk Ikut Parade Dongeng Anak Nusantara (PARADOKS) di Kompasiana…

1301855238155291559
Image : Google


Wow…!!!
Satu kata yang ingin saya teriakan malam ini…. Amazing..!!! (pasti pada bingung ya kenapa??)
Begini kawan, khusunya kawan-kawan yang senang menulis fiksi, saat ini sedang di adakan sebuah kegiatan yang di beri nama Parade Dongen Anak Nusantara di Kompasiana, yaitu sebuah aksi yang mengajak para pecinta fiksi untuk membuat karya yang berupa dongeng anak.
Mengapa saya bilang amazing.. karena dalam sehari , dari tanggal 2 April 2011, sampai tulian ini saya buat , saat ini sudah terkumpul 69  peserta yang akan mengikuti parade Dongeng Anak Nusantara (PARADOKS), yang nantinya, karya - karya peserta akan di postingkan  pada hari sabtu , tanggal 23 April jam 20.00 WIB,  hingga minggu, 24 April pukul 20.00 WIB.
Bagi  kawan-kawan yang belum tau informasinya, siahkan klik di sini
Ide ini berawal dari keprihatinan sahabat kompasiana kita Arrayanov.
Awalnya mbak Array menulis keperihatinannya tersebut di wall FB group Project Buku FFK, begini tulisan tersebut :
baru saja nemu blog milik org Malaysia, blog title nya: KUMPULAN DONGENG RAKYAT MALAYSIA, cuma ada beberapa postingan di dlm blog itu, tapi.. waktu saya buka ternyata yang dimaksud dengan ‘dongeng rakyat malaysia’ itu Legenda Nusantara: Malin Kundang, Sangkuriang, dan satu dongeng Bawang Putih dan Bawang Merah…. ini maksudnya apa ya??


Tulisan tersebut  langsung di sambut oleh beberapa komentator , ada Ferra, Roni, Babeh Helmi, Dyah, saya sendiri dan lain lain termasuk  babeh Helmi, dan babeh Helmi menyarankan supaya mempostingkan di Kompasiana agar masalah ini bisa disikusikan lebih lanjut. Tak berapa lama mbak Array benar-benar mempostingkan keprihatinnaya tersebut yang tak di sangka menjadi HL dan menjadi sebuah diskusi yang panjang sekali. Bagi yang belum membaca bisa lihat di sini.
Dan dari sana datanglah beberapa  dukungan (salah satunya dari saya hihihi, narsis, yang ngomporin biar bikin acara serupa FFK) yaitu untuk membuat kegiatan menulis dongeng anak nusantara yang secara serentak, dan karya tersebut akan di postingkan di Kompasiana pada hari dan tanggal serta jam yang telah di tentukan.
Mbak Array.. I lop you puuuulll…. kau memang hebat.. ;),
Daeng Anto teman mojok kita yang memberi nama PARADOKS.. I lop u puuuull
kawan2 yang telah tergabung  dan mendaftarkan diri di  FB Parade Dongeng Nusantara juga kalian sangatlah hebat, saya nggak bisa berkata - kata lagi, 1000 jempol buat kalian semua.
Nah, dari sana kemudian mbak array kirim massage via FB  begini bunyi pesannya :
Arrayanov 02 April jam 17:28


ini langit…. Langit kan??
hehehe ayoooo kita bekerja..
kan saya bilang ga mungkin sendiri
hmmm
mulai dari mana ya??
Saya pun membalasnya  :
Langit 02 April jam 17:56
kita bikin festival dongeng aja mbak, ajak pecinta fiksi kompasiana, caranya kayak waktu festival fiksi, posting di kompasiana , boleh kolaborasi, boleh juga sendiri, mbak array bikin dulu di keterangan Fb group, nama acaranya festival dongeng nusantara atau boleh pilih nama lain, tanggal postingnya mari kita tentukan kapan, yang berminat silahkan daftar di FB. Nah biar pecinta fiksi di kompasiana tau ada acara ini, mbak array postingkan deh di sana, plus cantumkan link group FB ini.. isi postinganya adalah ajakan bikin festival dongeng nusantara, boleh apa saja, dan bagi yang berminat dan mencintai fiksi di persilahkan untuk daftar dan bergabung di group.

Kemudian obrolan ini berlanjut ke YM dan mbak Array mengajak mojok melalui YM hahaha… Bingung awalnya mau ngapain. Kita mojok rame - rame,  ada saya, mbak Array sendiri dan Daeng Anto, kemudian saya tinggal keluar karena ada keperluan dan acara mojok tetap berlanjut.  Saat saya pulang, acara mojok masih belum terputus, sepertinya pembicaraan   sudah berjalan jauh entah sampai mana, peserta mojokpun sudah banyak . Ada teman-teman lain juga setelahnya, Granito Ibrahim,  Jingga, Roci Panjaitan, haduuh siapa lagi ya  di malam minggu itu yang mojok bareng di YM sampai pagi.. (saya lupa).
Awalnya group FB sudah di buat oleh mbak Array, sudah ada beberapa anggota,  kemudian di ubah-ubah segala sesuatunya atas kesepakatan mojok bersama, termasuk diubah namanya  menjadi Parade Dongeng Anak Nusantara (PARADOKS) ..  Mulailah semua   gerilya add teman-  teman ke sana, di catutlah teman-teman secara sukarela untuk di jadikan admin, karena kalau sendirian mbak Array nggak mungkin sanggup  kan??
Nah, malam ini sudah banyak yang mojok bareng di chat FB Parade Dongeng Anak Nusantara, ramai sekali kelihatanya. Saya ketinggalan karena sehari ini berada di luar, no lapie ;) dan begitu buka group tersebut, amazing, tadinya baru sekitar 28 peserta, dan kini sudah 69 peserta, kalian pecinta fiksi memanglah hebat..!!! Dan saya yakin peserta akan terus bertambah, AMIN.
Nah buat teman-teman yang peduli dengan dongeng nusantara yang sepertinya mulai punah, tunggu apa lagi, ayooo ikutan gabung ke group FB Parade Dongen Anak Nusantara, daftarkan namamu di sana untuk ikut serta berpartisipas dalam kegiatan ini, buktikan kita mencintai nusantara termasuk dongengnya.
Petunjuknya baca di sini : Parade Dongeng Anak Nusantara

Bagi yang tidak memiliki FB, boleh juga daftar di kolom komentar ini nanti saya bantu sampaikan ke sana dan saya bantu update kan datanya di sini.
Telah di buat pula akun  Dongeng Anak Nusantara (DAN)  di Kompasiana ini, silahkan add ya??
——————————————————————————————————————————————
Inilah daftar peserta sampai detik ini :
Bagi teman-teman yang ingin mengikuti Parade Dongeng Anak Nusantara ini, yang karyanya nanti akan di postingkan secara serentak di Kompasiana mulai Sabtu 23 April pukul 20.00 WIB, hingga Munggu 24 April pukul 20.00 WIB,  dipersilahkan untuk mendaftarkan diri Anda mulai sekarang, setiap saat data ini akan berubah mengikuti jumlah peserta yang  mendaftar.Peserta boleh berkolaborasi dan boleh sendiri. Cara pendaftaran hanya dengan menyebutkan id anda (di Kompasiana bukan akun FB)
Misal : Langit daftar ya???
atau untuk kolaborasi
Langit & Granito Ibrahim daftar ya kolaborasi???
Daftar Peserta saat ini adalah :
  1. Arrayanov
  2. Langit
  3. SoClose (R)
  4. herlya an-nisa milanisti
  5. Granito Ibrahim
  6. Princess E Diary
  7. R-82
  8. Gusti Bob
  9. Yulia Rahmawaty
  10. Daeng anto
  11. Mimin Mumet
  12. Indriati See
  13. babeh Helmi
  14. Youly Chang
  15. Candra Permadi
  16. Dian
  17. Fera Nuraini
  18. Hamzet & Mia Wulandari (Kolaborasi)
  19. Indra F Soaleh
  20. Halim Malik & Tonny Mondong
  21. Om Jay
  22. Acik Muhtar
  23. Afandi Sido
  24. Asep’cula’ Hermawan
  25. Albertus Fiharsono & Mia Wulandari (Kolaborasi)
  26. Burdani Dani
  27. Abebah Adi
  28. Angel Lie
  29. Langit & Fera Nurani
  30. Albertus Fiharsono
  31. Pramita.dea
  32. Edi Siswoyo
  33. Fitri y Yeye
  34. David Solafide
  35. Green.B & Mas - Mus (Kolaborasi)
  36. Mas-Mus
  37. Green.B
  38. Ahmed Tsar Blenzinky & Uleng Tepu (Kolaborasi)
  39. Joe Wicaksono
  40. Khussy Alfarisi
  41. Presley Anzjas Harianja
  42. Pungky Prayitno
  43. Santy Novaria
  44. Nuri Nura
  45. Odie Salahuddin
  46. Erianto Anas
  47. Bayu Aiueo Impruve
  48. Hesty Edityo
  49. Syariful Alam
  50. Yani Herda
  51. Annisa Fitri Rangkuti
  52. Bang Misee Teumbaga Ps
  53. Sari Novita
  54. Hm Zwan
  55. Fitri Ati
  56. Joey Loing
  57. Deasy Maria
  58. Faradina Izdhihary
  59. Ratna Yunus
  60. M. Rawa El Amady
  61. Bengkel Refo Toray
  62. El Hida
  63. Langit & Dyah Restyani
  64. Triansyah PJ
  65. Agung Hariadi
  66. Hawa
  67. Hesya Permana
  68. Della Anna
  69. Della Anna & Arrayanov
  70. Haz Algebra
  71. Nuraziz Widiyanto
  72. Dhani Ajah
  73. Anazkia Aja
  74. Perawan Alas, Dorma, Erianto Anas
  75. Perawan Alas, Dorma, Hamzet
  76. Anaz
  77. Diah Chamidiyah
  78. Dewilailypurnamasari
  79. Christie Damayanti
  80. Banu
  81. Herry FK
  82. Naqiyyah Syam
  83. Dina Sulistyaningtias
  84. Okky
  85. Raffa Muhammad
  86. Thamrin Dahlan
  87. Ida A Murti
  88. Valentino
  89. Chrsitie Damayanti & Valentino (Kolaborasi)
  90. Fitri Puspita Hapsari
  91. Arisksatriyan
  92. Cinta
  93.  
  94.