• Saya Bisa Menulis Dongeng!

    Awal mula saya terjun di dunia penulisan anak adalah karena saya suka membaca. Dari membaca, lalu mengumpulkan buku-buku cerita, membayangkan isi cerita yang dibaca, berkhayal, bermain karakter

  • Legenda Dan Dongeng Anak Nusantara Tidak Boleh Mati!

    Nama Indonesia sudah makin terpuruk oleh kelakuan orang-orang yang tamak, lemah iman, sombong, dan picik! Sementara budaya adalah akar kehidupan, identitas bangsa

  • Para Pecinta Fiksi, Menulis Dongeng Yuuuk…

    Mari lestarikan dongeng anak nusantara, kalau bukan kita, siapa lagi???? Salam Dongeng anak nusantara…

  • Parade Dongeng Anak Nusantara (Paradoks) di Kompasiana

    Menindak lanjuti keprihatinan Arrayanov dalam postinganya mengenai legenda nusantara yang di temukan berada di blog seseorang (yang mengatakan bahwa legenda yang kita kenal berasal dari Nusantara tersebut

  • Yuk Ikut Parade Dongeng Anak Nusantara

    Satu kata yang ingin saya teriakan malam ini…. Amazing..!!! (pasti pada bingung ya kenapa??) Begini kawan, khusunya kawan-kawan yang senang menulis fiksi, saat ini sedang di adakan sebuah kegiatan yang di beri nama Parade Dongen Anak Nusantara

Parade Dongeng Anak Nusantara (Paradoks) di Kompasiana

1301764527233272552
Image : Google
Salam dongeng nusantara,
Menindak lanjuti keprihatinan Arrayanov dalam postinganya  mengenai legenda nusantara yang di temukan berada di blog seseorang (yang mengatakan bahwa legenda yang kita kenal berasal dari Nusantara tersebut asalnya bukan dari Indonesia) tulisan tersebut bisa di baca   disini dan kelanjutanya disini maka dengan ini kami mengajak pecinta fiksi di Kompasiana untuk mengikuti  kegiatan yang kita namakan : Parade Dongeng Anak / legenda Nusantara (PARADOKS) Kompasiana, yaitu sebuah aksi yang mengajak para pecinta fiksi untuk membuat karya yang berupa dongeng anak.
Bagi anda yang ingin mendaftar, silahkan untuk bergabung di Group FB Parade Dongeng Anak Nusantara .
Dongeng merupakan suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya. Dongeng juga merupakan dunia hayalan dan imajinasi dari pemikiran seseorang yang kemudian diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Terkadang kisah dongeng bisa membawa pendengarnya terhanyut ke dalam dunia fantasi, tergantung cara penyampaian dongeng tersebut dan pesan moral yang disampaikan. Kisah dongeng yang sering diangkat menjadi saduran dari kebanyakan sastrawan dan penerbit, lalu dimodifikasi menjadi dongeng modern. [wikipedia]
Di sini kita mengajak teman-teman semua untuk membuat  dongeng, mengenai apa saja, tidak ada batasan, boleh dongeng yang sudah ada, justru  ini lebih di utamakan, seperti Malin Kundang,, tapi harus di modifikasi, tidak boleh asal copas, kemudian di anjurkan juga membuat dongeng baru , sekali lagi tidak ada batasan, boleh dongeng mengenai apa saja. Boleh berupa fabel ataupun sage.
Petunjuknya adalah sebagai berikut :
  • Peserta menayangkan satu atau lebih Dongeng / legenda di Kompasiana pada hari Sabtu, 23 April 2011 mulai pukul 20.00 WIB sampai hari Minggu, 24 April pukul 20.00 WIB.
  • Dongeng/legenda anak dimaksud bersifat bebas dari segi tema dan genre, dengan target pembaca anak umur 5 - 10  tahun. Boleh dongeng / legenda lama yang di modifikas, ini di utamakan (contoh : Malin Kundang, Kancil , Timun Emas, bawang putih bawang ) tetapi tidak boleh copas langsung dari web manapun.
  • panjang dongeng minimal 500 kata dan maksimal 1.500 kata.
  • Penulis boleh lebih dari satu orang (kolaborasi dianjurkan..:)
  • dongeng/legenda anak yg tayang akan diusahakan oleh panitia untuk DITERBITKAN menjadi BUKU.
  • Tag wajib bagi setiap postingan peserta adalah; #paradoks, #AkuCintaDongengNusantara.
  • Dongeng dan cerita anak sedapat mungkin berbasis local genius (menggali khazanah budaya daerah dari sabang sampai marauke)
  • tema dan genre cerita anak bebas (klasik maupun futuristik)
  • Karya yang ikut tidak boleh mengandung unsur pornografi, SARA dan kekerasan baik dalam cerita maupun ilustrasi pendukungnya.
  • Tujuan utama setiap cerita adalah pesan moral yang bisa menjadikan anak Indonesia menjadi generasi penerus yg berkualitas.
  • Hal lainnya akan di beritahukan selanjutnya .
Bila kurang jelas, silahkan bertanya pada kolom komentar.
Saat ini pendaftaran sudah di buka di group FB, silahkan bergabung di group FB kami sekarang juga : Group FB Parade Dongeng Anak Nusantara .
Lestarikan dongeng nusantara,  bukti cinta kita terhadap negeri Indonesia ;)
Salam dongeng nusantara